Kamis, 11 Juli 2013

Vivian Maier; Babysitter yang Hobi Memotret, Setelah Meninggal Baru Dikenal


Apresiasi seni kadang datang terlambat. Ketika sang tokoh sudah tiada, barulah dunia mengakuinya. Hal ini juga berlaku pada Vivian Maier, yang baru disadari oleh beberapa ahli fotografi sebagai fotografer street art professional.
Siapa itu Vivian Maier? Dunia tak akan mengenalnya jika saja hasil jepretannya tidak ditemukan oleh John Maoloof. Pada sebuah lelang di tahun 2007, Maoloof yang saat itu merupakan agen property di Chicago membeli sekotak film negatif karya Vivian pada sebuah lelang seharga US$ 400.

Maoloof yang kebetulan terlibat dalam pembuatan buku sejarah
Chicago pun berfikir bahwa mungkin foto Vivian bisa dipakai.



Namun sayang, karya Vivian tidak ada yang layak di muat ke dalam buku tersebut. Maoloof sempat frustasi dan berpikir untuk menjualnya di eBay, hingga akhirnya pada suatu kesempatan ia mengamati foto-foto Vivian lebih teliti. Disitulah ia tersadar, ini bukan foto biasa melainkan karya seniman foto street art yang hebat. Setelah diunggah ke blog, mata dunia  pun ikut tercengang. Berbagai pameran hingga seminar membicarakan Vivian, sang ‘mutiara’ yang tersembunyi.



Vivian Maier lahir pada 1 Februari 1926 dan meninggal pada 21 April 2009. Di masa hidupnya, ia bekerja sebagai seorang babysitter sekitar tahun 1950-1960. 

Menurut keluarga yang pernah mempekerjanannya, Vivian digambarkan sebagai wanita yang eksentrik. Berbicara dengan aksen Prancis dan selalu mengenakan mantel tebal walaupun saat musim panas. Namun anak-anak yang diasuhnya sangat menyayangi Vivian, karena ia mengerti dunia yang penuh khayalan dan Vivian mengajak anak asuhnya menikmati semua itu.

Vivian menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk
bepergian dan tentu saja, memotret. Kemungkinan ada 100 ribu film negatif yang disimpannya. Entah mengapa, semua itu tersembunyi sampai akhirnya Maoloof menemukannya meski tak seluruhnya. Beberapa karya fotografer wanita ini pun telah diakui sebagai hasil seni street art mumpuni, karena menonkolkan seni manusiawi nan kental.




Untuk melihat karya Vivian Maier yang lainnya, silakan kunjungi  website resminya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar