Kamis, 04 April 2013

Penipuan Berkedok "LIKE dan COMMENT" Di Facebook


Bagi Anda para pengguna Facebook, Anda pasti pernah; bahkan sering melihat gambar seperti ini di beranda Anda kan?


Tahukah Anda bahwa ternyata itu adalah salah satu jenis penipuan di Facebook? Mari kita telusuri.
Fanpage seperti itu biasanya memposting sebuah gambar lalu menuliskan keterangan pada gambar tersebut yang mengatakan: Like fotonya dulu, trus komen ‘blabla’ dan lihat apa yang terjadi.
Orang awam yang tidak tahu apa-apa pun terdorong untuk mengikuti perintah yang terdapat pada keterangan gambar tersebut, sehingga likers dan comments yang ada pada foto tersebut pun menjadi sangat banyak. Namun, tahukah Anda bahwa itu hanyalah akal-akalan pemilik fanpage tersebut?

Pada dasarnya, Facebook akan menaruh sebuah postingan dengan jumlah likers dan comments yang sangat banyak pada ‘top posts’ atau postingan yang paling banyak dilihat sehingga akan sering muncul di beranda Anda. Dan itu akan memancing Anda untuk menyukai dan mengomentari postingan ‘abal’ tersebut.

Setelah fanpage tersebut memiliki likers yang jumlahnya sudah sangat banyak (100.000 keatas), maka fanpage tersebut akan dijual kepada seorang businessman/woman yang hendak mempromosikan barang/jasanya dengan cara cepat. Bahkan fanpage tersebut yang awalnya bertema misalnya Peduli Bumi pun akan berubah tentang perusahaan businessman/woman tersebut setelah terjual. Tahukah Anda, bahwa fanpage dengan jumlah likers 100.000an akan laku terjual $200 atau sekitar 2 juta rupiah.

                Jadi, semakin banyak jumlah likers dari fanpage palsu tersebut semakin banyak pula peluang sang pemilik fanpage untuk meraup keuntungan. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa, gambar tersebut tidak berarti apa-apa. Tidak akan ada yang terjadi, walaupun Anda memberikan 1.000 komentar terhadap postingan tersebut. So, hati-hati yah! Jangan tertipu lagi :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar