Minggu, 27 Januari 2013

Tissue=Penyebab Global Warming?


                Tissue, tissue, tissue. Berbicara tentang tissue, tentu manusia tidak lepas dari pemakaian tissue dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah Anda, bahwa tissue merupakan salah satu penyebab global warming?
                Tentu Anda semua sudah mengetahui, tissue itu terbuat dari apa. Yup, serat pohon yang kemudian dibuat menjadi pulp (bubur kertas) dan kemudian diolah lebih lanjut di papermachine tissue.
                Lalu, atas dasar apa saya mengatakan bahwa tissue adalah salah satu penyebab global warming?
Tahukah Anda, bahwa 1 pohon yang berumur sekitar 6 tahun hanya bisa menghasilkan 2 pack tissue yang berisikan 40 lembar saja? Sementara itu, 1 pohon yang digunakan untuk membuat tissue itu bisa menghasilkan oksigen untuk 3 orang. Bayangkanlah, berapa banyak tissue yang dijual di pasaran dan berapa banyak orang di sekitar Anda yang menggunakan tissue setiap harinya.
                Jadi 1 pohon itu sama dengan 2 pack tissue=Oksigen untuk 3 orang. WOW!

Nah, sampai disini Anda pasti sudah paham kenapa penggunaan/pembuatan tissue secara berlebihan itu bisa merusak bumi kita. Nih, saya kasih tau ya.. Tissue itu ternyata punya dampak negatif, lho. Misalnya saja, kita (bahkan saya) sering menggunakan tissue untuk mengambil atau membungkus makanan yang masih panas atau untuk menyerap minyak yang berlebihan pada makanan tersebut. Kita juga sering menggunakan tissue untuk membersihkan tangan dari kotoran.
Zat pemutih (klor) memang ditambahkan dalam pembuatan tissue agar terlihat lebih putih dan bersih. Zat ini bersifat karsinogenetik (pemicu kanker). Hii, ngeri!!
                Nah untuk meminimalisasi kerusakan hutan yang dapat memicu global warming, kita bisa mengganti penggunaan tissue dengan menggunakan sapu tangan. Yah, memang sapu tangan gak sepraktis kita menggunakan tissue yang sekali pakai langsung dibuang. Sapu tangan harus dicuci dulu, agar supaya dapat kita pakai lagi. Tapi, penggunaan sapu tangan ini jelas dapat mengurangi kerusakan hutan dan juga kita ikut ambil bagian dalam mengurangi sampah yang ada di bumi! Selain itu, kita juga ikut menghemat air yang digunakan dalam proses pembuatan tissue.

Gimana, guys? Coba dipikir-pikir lagi, berapa banyak tissue yang Anda habiskan setiap hari. Baik untuk lap keringat, membersihkan tangan, membungkus makanan, atau bahkan hanya untuk dibuang-buang. Kesadaran sendiri sangat penting untuk menyelamatkan bumi kita! Save our earth!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar